Tuesday 23 April 2013

Ciri-ciri Organisasi



Secara am nya, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok pekerja untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan ingin terlibat dengan peraturan yang sedia ada dalam organisasi. Organisasi juga di sebut sebagai wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, berkumpul dan menjana idea agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Ciri-ciri organisasi adalah :

- Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya kerjasama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok   
  orang
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang perlu ditaati



Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri seperti berikut :
  1. Formaliti, merupakan ciri organisasi sosial yang merujuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan sebagainya.
  2. Hierarki, merupakan ciri organisasi yang menunjuk adanya suatu pola kekuasaan dan kebenaran yang berbentuk piramid, maksudnya ada di kalangan orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta kebenaran yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  3. Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antara anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenali sebagai  gejala “birokrasi”.

Selain itu, ada juga yang menyatakan bahawa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang behubungan dengan kekayaan organisasi itu. Di antaranya ialah :


  1. Memiliki identiti yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identiti yang jelas. Identiti berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, mahupun tempat organisasi itu berdiri, dan sebagainya.
  2. Keanggotaan formal, status dan peranan. Setiap anggotanya memiliki peranan serta tugas masing- masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.

Jadi, dari beberapa ciri organisasi yang telah dikemukakan kita akan mudah membezakan yang mana dapat dikatakan organisasi dan yang mana tidak dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi.


No comments:

Post a Comment